Tempat Pemandian PesSel Diserbu Pengunjung Balimau

Objek wisata tempat pemandian dibeberapa Daerah Aliran Sungai (DAS) di Pessel diserbu pengunjung dari berbagai daerah, baik dari dalam maupun diluar Pessel melakukan tradisi balimau memasuki bulan suci Ramadhan 1431 H, Selasa (10/8).

Objek wisata pemandian itu misalnya, Batu Kudo Taluk di Kecamatan Batangkapas, Timbulun Painan Kecamatan IV Jurai, Bayang Sani, Jembatan Akar Kecamatan Bayang Utara dan sebagainya.

Pantauan pesisirselatan.go.id di objek wisata pemandian Batu Kudo Taluk, puluhan pengunjung telah mulai memadati jalan kampung menuju tempat pemandian yang terletak sekitar 4 kilometer dari jalan raya pasar Taluk itu. Mereka datang dengan menaiki kenderaan roda 2 dan 4 dari berbagai daerah.

Pengunjung mayoritas usia 15 – 25 tahun. Diantara mereka membawa tas punggung (ransel) yang syarat padat isinya pakaian dan makanan.

Yudi (20) seorang pengunjung tempat Pemandian Batu Kudo Taluk mengatakan, acara balimau ini sudah merupakan bagian dari kehidupan para pemuda pemudi di kabupaten ini ketika akan memasuki bulan puasa. Mereka datang dari Kambang Kecamatan Lengayang bersama rombongan dengan menaiki mobil pick up.

Sejak usianya beranjak remaja, kegiatan balimau pergi bersama rombongan dengan menaiki mobil pick up yang biasa disebut berkompoy itu baru 3 kali dilakukannya. Menurutnya, seseorang merasakan hina dari kawan-kawan yang lain jika tidak ikut kompoy untuk balimau ini. Karena pemuda pemudi yang tidak ikut kompoy itu atau yang balimau hanya dirumah, mereka dianggap orang yang tidak memiliki uang (miskin).

Beda dengan Meri (17) pengunjung objek wisata Jembatan Akar. Dia datang bersama keluarganya ke Jembatan Akar dari Bukittinggi karena ingin melihat keindahan jembatan Akar yang disebut-sebut banyak orang selama ini.

Pengakuannya, ditempat itu, mereka tidak hanya dapat menikmati indahnya alam dan keunikan jembatan akar, sambil bersenda gurau bersama keluarga, dirinya juga menikmati sejuknya air yang mengalir deras dibawah pohon rindang tempat berpegangnya jembatan Akar

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: