Download CamStudio Dan Cara Menggunakannya

Jika pembaca pernah bertanya-tanya bagaimana seseorang merekam kegiatan yang ada di tampilan komputer untuk membuat sebuah video tutorial photoshop misalnya atau tutorial-tutorial lainnya maka jawabannya adalah menggunakan sebuah software desktop recording. Dari sekian banyak software desktop recording, salah satu yang paling terkenal adalah CamStudio.
 
CamStudio ini berbasis opensource, free alias gratis. Bagi pembaca yang merupakan pecinta gratisan tentunya ini sangat membantu. Tidak hanya itu, menurut saya aplikasi ini tidak kalah dengan yang berbayar, karena hasilnya juga memuaskan.

Download CamStudio

Untuk mendownload aplikasi CamStudio ini, pembaca dapat mengunjungi link berikut ini.

http://camstudio.org/ (2,7 MB)

Itu adalah situs resminya dan 100% gratis.

Menggunakan CamStudio

Jika aplikasi telah didownload kemudian diinstall di komputer, saatnya bagaimana cara menggunakan camstudio tersebut. Ada beberapa tombol sederhana di tampilan sederhananya tersebut. Berikut tampilan camstudio (klik gambar untuk memperbesar).
Tampilan CamStudio
Tampilan CamStudio
Ada tiga tombol utama di camstudio, yaitu tombol untuk memulai merekam, untuk pause saat merekam, dan tombol stop merekam.
  1. Tombol bulat berwarna merah adalah tombol untuk memulai merekam desktop recording. Setelah mulai merekam, minimize camstudio dan aplikasi ini akan minimize ke sistem tray. Atau kita dapat menggunakan menu minimize secara otomatis.
  2. Tombol hitam garis berjejer adalah tombol pause. Tombol yang berguna untuk menghentikan sejenak proses perekaman.
  3. Tombol biru persegi adalah tombol stop merekam. Tombol untuk menyelesaikan rekaman dan menghasilkan output video berekstensi .AVI (default).
Tips : 
  • Jika memang pembaca tidak ingin mengedit lagi hasil rekaman yang telah diselesaikan, maka untuk membuat desktop recording ini lebih natural, aktifkan menu Mimimize program on start recording.
minimize program pada saat mulai merekam
Minmize program on start recording
  • Kemudian untuk akhirnya, agar tidak perlu membuka kembali program camstudio di sistem tray, gunakan shortcut key F9 untuk stop recording. Kita dapat mengatur shortcut key di bagian menu Options > Program options > Keyboard shortcuts…
Setting keyboard Shortcuts (default) Camstudio
Keyboard Shortcuts (default)
Begitulah kira-kira bagaimana cara sederhana menggunakan camstudio tanpa edit video lagi. Sebenarnya kita juga dapat menggunakan watermark, tapi biar saja pembaca mengeksplore menu yang ada di camstudio sehingga nantinya pasti akan lebih mengerti sendiri.
 
Bagi yang ingin mengedit coba menggunakan windows movie maker yang gratis langsung dari Microsoft, berikut link downloadnya,

http://windows.microsoft.com/en-us/windows-live/essentials-install-offline-faq (sekitar 110 MB)

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: