Cara Merawat Baterai HP yang Baik dan Benar

Assalammualaikum wr. wb.
Salam sejahtera bagi kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan share sebuah tips tentang cara merawat baterai hp yang baik dan benar. Seringkali kita dibuat jengkel karena baterai hp yang sudah drop, dikit-dikit harus di charge. Nah, itu bisa jadi karena baterai yang kita gunakan tidak original, atau kita kurang baik dalam merawat baterai hp tersebut.

Contoh Penggunaan dan Perawatan Baterai yang Kurang Baik :

 

  1. Terlalu cepat mengisi bateri sebelum pemberitahuan bahwa isi dari baterai akan segera habis
  2. Terlalu cepat melepaskan baterai yang sedang di charge.
  3. Kebiasaan mengisi baterai yang terlalu lama, biasanya terjadi pada saat kita tidur.
    Secara normal, baterai tersebut butuh waktu untuk isi ulang hanya sekitar 1 jam 55 menit hingga 2 jam saja, untuk jenis batrai Li-ion (Lithium Ion) atau Litium Polymer. Akibat lain yg tampak mata, baterai jadi gendut atau kembung karena panas yg mengembangkan lempengan seng selimut sel bateri.
    Memang ada sih bateri yg butuh waktu lama, sekitar 3 sampai 5 jam dlm pengisian ulangnya spt bateri yang dpt bertahan 5 hingga 7 hari standby/talktime. Misalnya bateri pada ponsel Huawei C2605 dengan jenis batre Li-ion 3.7v. bateri ini butuh waktu isi ulang (jika masih keadaan normal) 3 sampai 4 jam untuk berhentinya indikator pengisian bateri pada layar ponsel. Sehingga penggunaan waktu talktimenya dapat mencapai 3 – 4 hari.
  4. Pemakaian telepon yang mencapai 2 jam perharinya, hal ini jua mempunyai efek lain yaitu kuping kita menjadi panas karena kena radiasi dari sinyal HP dan juga baterai bisa menjadi gendut.

 

Tips Agar Baterai Tidak Mudah Drop :

 

  1. Jangan biarkan ponsel berada di tempat yang panas, seperti diatas dashboard mobil. Hal ini dapat menyebabkan baterai ngedrop.
  2. Jika memang tidak dibutuhkan, lebih baik matikan saja fasilitas getar pada ponsel anda. Misalnya ketika anda sedang berada dirumah atau di mobil.
  3. Jika anda sedang menunggu telepon masuk, sebaiknya gunakan nada dering yang tidak panjang melodinya. Selain itu, kecilkan juga volumenya. Sebaiknya anda tidak menggunakan fasilitas melodi dan getar secara bersamaan. Karna ini sangat memakan baterai anda.
  4. Kurangi bermain game di ponsel anda, karena bermain game di ponsel dapat menguras baterai dengan cepat.
  5. Jangan terlalu sering mematikan ponsel dan menyalakan kembali. Setiap anda menyalahkan ponsel, ponsel anda akan mencari jaringan, dan hal ini sangat menguras baterai anda sampai 1 jam waktu siaga. Jika anda berada di area dimana tak ada jaringan, sebaiknya matikan ponsel anda. Ponsel yang terus mencari jaringan (sinyal) juga membutuhkan banyak energi baterai.
  6. Matikan fasilitas GPRS ,GPS ,WIFI dan Bloethooth pada saat anda tidak membutuhkannya.
  7. Matikan juga fasilitas screen saver pada layar ponsel anda.
  8. Mendengarkna musik MP3 juga dapat menguras baterai anda. Jadi gunakan betul-betul saat anda menginginkannya.
  9. Matikan fasilitas bluetooth bila sudah tidak menggunakannya. Selain menguras baterai, bluetooth yang terus dalam keadaan on juga dapat mengundang krackcer atau hacker.
  10. Jangan menutup bagian atas ponsel ketika ponsel sedang digunakan. Ini yang sering telewatkan, Pada bagian tersebut terdapat antena yang bila ditutup akan mempengaruhi mutu panggilan. Selain itu juga dapat menyebabkan ponsel beroperasi pada tingkat daya yang lebih besar sehingga memperpendek ketahanan waktu siaga dan bicara.
  11. Bila ponsel anda mempunyai banyak aplikasi, tutup aplikasi tersebut bila sudah selesai menggunakannya.
  12. Matikan ponsel pada saat anda tidak membutuhkannya. Misalnya pada malam hari. Informasi akan dapat tetap anda terima melalui SMS.
  13. Redupkan layar seredup mungkin tetapi gambar tetap terlihat oleh kamu.

Nah, itu dia beberapa tips cara merawat baterai yang baik dan benar, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya, mohon maaf atas segala kekurangannya.
Wassalammualaikum wr. wb.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: