Pembangunan Jembatan Gantung Mandeh Rampung

Puluhan Kepala Keluarga (KK) di Kampung Taratak Kenagarian Mandeh Kecamatan Koto XI Tarusan sudah bisa bernapas lega karena jembatan gantung yang menghubungi daerah mereka dengan kampung lain sudah selesai dibangun.

Jembatan gantung itu dibangun mengunakan alokasi dana dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Nagari Mandiri perdesaan (PNPM MPd) tahun 2013 dengan alokasi dana sebesar Rp 349.881.200,- dengan panjang jembatan 50 meter

Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Kenagarian Mandeh Afrijan mengungkapkan,jembatan gantung ini sudah lama sekali didambakan oleh masyarakat Kampung Taratak, sebab sebelumnya masyarakat harus menyeberangi sungai jika ingin pergi keluar kekampung lain.

“Kesulitan kami semakin terasa ketika hujan dan air sungai banyak,akibatnya kami semakin terisolir dari daerah luar, namun dengan adanya jembatan ini tranfortasi masyarakat tidak lagi terkendala,’ ujarnya pada Musyawarah Nagari Serah Terima (MNST) Kemarin di Kampung Taratak Mandeh.

Senada disampaikan Walinagari Mandeh Jasril RB menurutnya pembangunan jembatan gantung memang menjadi prioritas pembangunan sebab selama ini kenagarian mandeh yang merupakan daerah tertinggal semakin tertinggal sebab minimnya transportasi.

‘Maka dengan adanya jembatan gantung ini keluhan sebagian warga yang kesulitan karena medan jalan yang harus menyeberangi sungai tidak lagi didengar ,’ ujarnya.

Namun Jasril RB meminta kepada masyarakat juga ikut melakukan pemeliharaan terhadap jembatan tersebut,sebab perjuangan untuk bisa mendapatkan jembatan sangat sulit ‘Kita harap masyarakat juga ikut memelihara dan memanfaatkan jembatan ini dengan sebaik baiknya,’ ujarnya

Dijelaskannya,Kenagarian Mandeh salah satu kenagarian tertinggal di Kabupaten Pesisir Selatan. Untuk menuju daerah ini mengunakan sarana transportasi laut atau jalan darat tetapi dengan medan yang sulit. Padahal
Kenagarian Mandeh merupakan bagian Kawasan Wisata Mandeh yang masuk ke dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIPPNAS). Bertolak belakang dengan kondisi sarana dan prasarana yang tidak memadai.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: