Tips Mempercepat dan Mengoptimalkan Kinerja Windows 7

Windows 7 adalah OS yang sangat dan paling laku di pasaran. Hal tersebut disebabkan karena OS ini memiliki segudang kelebihan jika kita bandingkan dengan OS terdahulu lainnya. Windows 7 mempunyai banyak fitur yang banyak dicari oleh orang, sehingga OS ini banyak digunakan oleh orang.

Namun setelah sekian generasi mungkin OS Windows 7 yang kita miliki sudah mengalami kemunduran atau penurunan performa alias lambat. Hal ini mungkin saja bisa terjadi karena aplikasi yang ada pada komputer sudah sangat banyak yang sudah terinstal, atau juga mungkin karena faktor lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka kita perlu melakukan beberapa hal yang berguna untuk mempercepat dan mengoptimalkan kinerja komputer Windows 7 yang kita instal. Ada beberapa tips yang mungkin perlu anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mempercepat dan mengoptimalkan kinerja Windows 7:

  • Pertama hapus font-font yang sekiranya sudah jarang digunakan. Karena font-font yang ada di komputer akan membuat lambat kinerja Windows 7. Hal ini dikarenakan Windows 7 selalu me-load font yang sudah terinstal di komputer. Untuk menghapus atau uninstall font yang ada di komputer, anda bisa membuka Control Panel, klik Search, lalu ketik Font.
  • Untuk mempercepat proses booting startup pada windows 7, kita bisa juga mengedit prosessor yang digunakan pada saat booting, yaitu dengan cara masuk ke Run, selanjutnya ketikkan msconfig. Dan pada tab boot, klik Advanced Options, lalu pada kolom Number of Processors dan ketikkan berapa prosesor yang ingin digunakan saat booting windows.
  • Agar kinerja Windows 7 lebih optimal, kita juga perlu menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak penting di komputer kita. kita bisa masuk ke Control Panel, Lalu pilih Uninstall a Program. Selanjutnya pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  • Agar semua proses pada Windows 7 menjadi lebih cepat, kita dapat mematikan Index Search di Windows 7, yaitu dengan cara membuka menu Run, lalu kita ketik services.msc dan kemudian cari Windows Search. Kemudian klik kanan pada Windows Search, lalu kita non aktifkan fitur tersebut.
  • Men-disable beberapa aplikasi yang ada pada Startup Windows 7. Hal ini akan mempercepat waktu booting windows 7. Caranya adalah, buka menu Run, lalu kita ketik msconfig. Kita klik pada tab Startup dan kita hilangkan tanda centang yang ada pada aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan dalam booting.

Sekian cara-cara yang diketahui untuk mempercepat dan mengoptimalkan kinerja dan performa dari Windows 7, semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: