Cara Mengatasi Adaptor Laptop yang Berkedip, Tanda Ada Kerusakan

Adaptor laptop merupakan salah satu komponen yang penting dari laptop. Tanpa adanya adaptor ini, laptop tidak dapat digunakan, sebab tidak ada lagi sumber tegangannya. Adaptor laptop sering kali mengalami masalah, di antaranya ialah berkedipnya lampu pada adaptor saat digunakan untuk mengisi sebuah baterai laptop.

Jika anda sedang mengalami lampu adaptor milik anda berkedip, ada kemungkinan besar telah terjadi kerusakan di adaptor anda. Dan kami menyarankan jangan gunakan untuk sementara adaptor laptop ataupun laptop anda sebelum anda mengetahui secara pasti kerusakan yang terjadi pada laptop anda.

Jika pada adaptor laptop berkedip ini tetap anda digunakan, ini akan sangat berbahaya, sebab dapat menyebabkan :

  • Baterai anda dapat mati
  • Salah satu komponen dari mainboard dan adaptor terbakar yang akan menyebabkan laptop mati total. Lampu adaptor laptop berkedip ini menandakan adanya sebuah konslet maupun arus pendek yang ada di mainboard ataupun pada adaptor.

Cara untuk mengatasi sebuah adaptor laptop yang berkedip ini adalah sebagai berikut:

  • Cobalah terlebih dahulu laptop dengan menggunakan adaptor lain yang masih satu merk. Anda dapat meminjam ke teman anda. Jika pada saat di coba adaptor ini masih berkedip ataupun tidak menyala atau lampu pada indikator di laptop yang biasanya berwarna biru menjadi warna lain. Maka anda dapat dipastikan masih ada yang konslet pada di laptop anda.
  • Selanjutnya coba adaptor laptop anda untuk laptop lain yang masih satu merek yang sama ataupun yang kompatibel . Jika adaptor laptop masih saja berkedip, maka adaptor milik andalah yang sepertinya memiliki masalah.
  • Anda bisa menggunakan sebuah multitester untuk di gunakan mengukur arus dan juga voltase adaptor laptop yang masih normal yakni sesuai dengan sebuah voltase serta arus yang masih tertera di sebuah label adaptor laptopnya.

Hal yang dapat anda lakukan jika menemui sebuah kasus adaptor laptop berkedip adalah:

  • Jika sebuah laptop atau adaptor anda masih memiliki garansi, segera bawalah ke service center terdekat.
  • Apabila laptop atau adaptor milik anda tidak dalam masa garansi maka coba service di tempat yang anda percaya.
  • Atau jika cuma adaptor laptop milik anda yang rusak, bukan dari mainboard laptopnya, maka anda dapat langsung membeli sebuah adaptor laptop baru.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: