Media Harus Adil untuk Berita Pilkada

Media diminta adil dalam memberitakan calon kepala daerah sehingga terjadi proses pendidikan politik. Para kandidat, jika ingin mendapat “lebih”, sebaiknya memasang advertorial.
Pesan itu disampaikan Gubernur Irwan Prayitno ketika meresmikan Graha Pena, di Jalan Adinegoro, Padang, Senin (1/7). Graha Pena merupakan kantor Padang Ekspres grup, di dalamnya antara lain ada Pos Metro dan Padang TV, Rakyat Sumbar dan Triarga TV.
Secara berseloroh Irwan menyatakan, oleh media, kalau bisa pilkada atau pemilu berlangsung tiap bulan, sehingga banyak iklan dan advertorial yang masuk. Di tengah kondisi pemberitaan semacam itulah, Irwan meminta media untuk memberi porsi yang adil pada para kandidat. Sebab, jika media berat sebelah, maka rakyat akan salah pilih.
Saat ini Padang, Padang Panjang dan Kota Pariaman memang menuju helat pilkada. Pemberitaan yang salah, justru bisa meremukan wibawa media itu sendiri.
Sementara itu, Chairman RPG, Rida K Liamsi, menyebutkan, graha pena dibangun untuk kelancaran tugas-tugas jurnalistik grupnya. “Gedung ini dibangun di Jalan Adinegoro, nama tokoh pers asal Minang yang amat terkenal itu,” kata dia.
Graha Pena Padang, akan jadi sentral aktivitas seluruh anak usaha yang tergabung dalam Riau Pos Group Divisi Regional Padang (RPG Divre Padang). Gedung berlantai tiga itu didukung dengan suasana yang sehat. Hal ini tentu akan membuat seluruh karyawan bekerja lebih giat lagi. “Pembangunan Graha Pena Padang ini adalah cita-cita manajemen sejak dulu. Namun, baru saat ini bisa terealisasikan,” ujar tokoh pers yang juga budayawan Melayu itu.
“Kehadiran gedung baru ini, juga dilengkapi fasilitas yang serba modern. Selain itu, tentu arus informasi akan lebih maksimal, baik dengan jajaran RPG Divre Padang yang telah merajai pasar surat kabar di Sumbar,” sebut Rida.
Hadir dalam peresmian itu Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni, Walikota Padang Fauzi Bahar, sejumlah tokoh, Ketua PWI Sumbar Basril Basyar, Ketua Forum Editor heranof Firdaus dan anggota, Pemred Harian Haluan Yon Erizon dan Pemred Harian Singgalang, Khairul Jasmi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: