Software gratis Sumatra PDF, Kelebihan & Kekurangan

Dokumen PDF pasti tidak asing lagi bagi kita, dan salah satu program yang banyak digunakan untuk membuka/membaca PDF mungkin adalah Acrobat Reader. Tetapi sebagian kita mungkin juga tidak asing dengan pembaca PDF yang minimalist dan mempunyai ukuran sangat kecil + ringan Sumatra PDF.

 

Diantara berbagai software gratis pembaca PDF yang paling populer adalah Sumatra PDF, terutama karena sifatnya yang ringan, tersedia portable dan tidak banyak memakan memori komputer (tidak memberatkan). Sumatra PDF juga menjadi salah satu software di komputer yang saya gunakan, karena beberapa keunggulan dibanding PDF Reader lainnya.

sumatra-pdf-reader

Kelebihan Sumatra PDF

Setelah menggunakan softwre ini selama beberapa tahun terakhir, ada beberapa kelebihan yang saya rasakan dibanding software lainnya semisal Acrobat Reader, antara lain :

  • Ukuran yang kecil, sehingga ringan berjalan dan ringan di memori komputer (RAM)
  • Tersedia versi portable, sehigga mudah disertakan didalam flashdisk
  • Pencarian yang jauh lebih cepat, terutama jika dibandingkan dengan Acrobat Reader. Saya biasa membuka dokumen PDF yang halamannya mencapai ribuan dan ketika melakukan pencarian, Sumatra PDF dapat mencari jauh lebih cepat dari Acrobat Reader.
  • Menu minimalist, cukup nyaman ketika kita hanya ingin membaca dokumen PDF

Dari berbagai kelebihan diatas, yang paling saya apresiasi adalah ringan dan kemampuan pencarian yang cepat.

Kekurangan Sumatra PDF

Ada kelebihan tentu ada kekurangan, demikian juga selama menggunakan Sumatra PDF, ada beberapa kekurangan, sehingga jika membutuhkan fitur ini kita sebaiknya menggunakan pembaca PDF lainnya. Diantaranya :

  • Fitur minimalist, karena memang Sumatra PDF berfokus untuk membaca PDF saja. Sehingga jika kita ingin mengedit PDF, mengisi form, menambahkan anotasi dan lainnya, sebaiknya menggunakan software lainnya semisal Acrobat Reader atau Nitro Reader
  • Menampilkan halaman dokumen pada saat awal membuka PDF kadang terasa lambat (proses rendering). Tetapi ketika dokumen sudah pernah dibuka sebelumnya, dokumen PDF akan terbuka secara instan (sangat cepat).
  • Opsi print atau cetak dokumen tidak selengkap software lainnya. Jika ingin mencetak dokumen PDF dengan banyak opsi, saya bisanya menggunakan Acrobat Reader

Melihat beberapa perbandingan diatas, terlihata masing-masing sebenarnya mempunyai keunggulan dari sisi mana kita membuka/mengolah dokumen PDF. Jika kita hanya ingin membaca dokumen PDF, tanpa perlu edit dan dokumen ini sering dibuka, plus kita sering melakukan pencarian, Sumatra PDF sepertinya pilihan yang tepat, karena lebih unggul dari berbagai sisi. Tetapi ketika ingin mengedit PDF atau mencetak-nya dan ingin banyak opsi, sebaiknya menggunakan program lainnya.

Demikian sedikit berbagi pengalaman ketika menggunakan software pembaca PDF, semoga bermanfaat. Silahkan jika ingin berbagi pengalaman lainnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: