File Google Docs Bisa Diedit Offline

Google telah menambahkan kemampuan edit offline pada layanan Google Docsnya. Hal ini berarti, pengguna dimungkinkan untuk membuka dan mengutak atik dokumen atau, maupun membaca spreadsheet meski tanpa hadirnya internet.

Berita menggembirakan itu diumumkan oleh sang raksasa internet pada gelaran Google I/O 2012. Dengan sistem offline baru tersebut, user bisa mengerjakan dokumen secara offline dan saat sudah kembali online, dokumennya akan tersinkronisasi secara otomatis di cloud.

Namun ada sejumlah catatan penting yang ditekankan Google saat pengguna memakai kemampuan itu. Dilansir dari halaman support milik Google, berikut beberapa poin yang dimaksud:

– Pengguna diwajibkan untuk terlebih dulu melakukan pengaktifan di ‘Set up Docs offline’ yang ada di menu.

– Akses offline hanya tersedia untuk Chrome.

– Akses offline ini tersedia bagi document dan spreadsheet saja, alias tidak untuk presentation, drawing atau item lainnnya yang terdapat di document list.

– Spreadsheet hanya tersedia dalam mode view-only. Pengguna harus me-restore koneksi internetnya guna melakukan pengeditan. Membuat spreadsheet baru saat offline juga tidak dimungkinkan.

Dalam gelaran tahunan bagi pengembang Google I/O, fungsi offline agaknya memang menjadi sorotan. Selain Google Docs, yang mendapat kemampuan offline lainnya adalah Google Maps, Chromebook serta voice typing pada platform Android Jelly Bean.

Dikutip dari SlashGear, Jumat (29/6/2012), offline Google Docs sekarang sudah tersedia sebagai bagian dari Google Drive.

SUMBER: detikcom 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: