Tips Merawat Komputer

Semua benda elektronik itu ada umurnya, suatu saat pasti rusak juga. Tetapi walaupun begitu, agar umurnya panjang maka kita perlu pintar-pintar merawatnya. Begitu pun dengan komputer, ada beberapa tips tentang merawat komputer yang biasa saya lakukan yang mungkin akan berguna bagi kalian:

* Tempatkan casing komputer dan monitor komputer di sebuah meja yang kokoh alias tidak bergoyang-goyang.
* Usahakan agar ruangan tempat kalian menyimpan komputer bebas dari debu atau selalu dalam keadaan bersih, karena casing komputer memiliki beberapa fan atau kipas yang berfungsi untuk menyedot udara segar dari luar, yang tentunya otomatis debu-debu halus pun ikut tersedot jika ruangannya kotor.
* Sekitar 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali, buka casing komputer dan bersihkan semua komponen-komponennya dari debu menggunakan penyedot debu atau bisa juga menggunakan kuas halus, terutama debu-debu yang menumpuk di dalam fan dan heatsink.
* Jangan terlalu sering membongkar pasang beberapa komponen seperti RAM dan video card, kedua komponen ini berdasarkan pengalaman saya sering bermasalah jika terlalu sering dibongkar pasang, suka tidak ter-detect pada saat komputer dinyalakan, mungkin slotnya jadi longgar atau lempengan-lempengan tembaganya terkikis karena keseringan dibongkar pasang.
* Seminggu sekali bersihkan keyboard dan tombol-tombolnya dari debu menggunakan kuas atau penyedot debu, saya sih biasanya suka menjemurnya juga barang beberapa menit setelah dibersihkan, supaya kuman-kumannya mati, soalnya katanya keyboard ini merupakan salah satu tempat favorit kuman-kuman berkumpul.
* Seminggu sekali membersihkan mouse, dan juga alas mousenya.
* Seminggu sekali membersihkan layar monitor agar selalu terlihat kinclong dan sedap dipandang mata.
* Setiap hari membersihkan meja komputer dan ruangan komputer, agar terlihat bersih dan rapi, sehingga kerja pun menjadi enak dan nyaman.

>>>Mencari Tahu Spesifikasi Komputer Seperti Apa Yang Cocok Untuk Kalian<<>

>>RAM Berkapasitas Besar

Jika kalian sering bekerja dengan cara membuka beberapa aplikasi-aplikasi berbeda secara bersamaan, atau memainkan game-game terbaru, maka RAM berkapasitas besar harus menjadi salah satu prioritas kalian dalam membangun sebuah unit komputer. Karena jika RAM-nya kecil misalnya hanya berkapasitas 512 MB saja, komputer kalian akan terasa berat nantinya.

>>Processor Dengan Clock Speed Tinggi Atau Processor Dengan Multi-Core

Jika kalian sering bekerja menggunakan aplikasi-aplikasi yang banyak melakukan perhitungan-perhitungan misalnya aplikasi-aplikasi scientific, simulasi, game-game terbaru, atau melakukan beberapa proses pada beberapa aplikasi berbeda secara bersamaan, maka processor dengan clock speed tinggi atau processor dengan multi-core harus menjadi salah satu prioritas kalian dalam membangun sebuah unit komputer.

>>Hard Disk Berkapasitas Besar

Jika kalian sering menyimpan atau mengoleksi data-data multimedia seperti film dan lagu, mengoleksi software, atau kalian sering meng-install aplikasi-aplikasi yang membutuhkan space hard disk yang besar seperti game-game terbaru, maka kapasitas hard disk besar harus menjadi salah satu prioritas kalian dalam membangun sebuah unit komputer.

>>Video Card Dengan Spesifikasi Tinggi

Jika kalian seorang gamer, maka memiliki sebuah video card dengan spesifikasi tinggi di komputer kalian sudah menjadi suatu keharusan, karena kalau tidak kalian tidak bisa menjalankan game yang ingin kalian mainkan tersebut, atau bisa jalan tapi gambarnya lambat atau patah-patah.

>>Sound Card Dengan Kualitas Bagus

Jika kalian seorang komposer musik yang sering bekerja menggunakan aplikasi-aplikasi musik digital, maka sound card dengan kualitas bagus harus menjadi salah satu prioritas kalian dalam membangun sebuah unit komputer.

>>Monitor Berukuran Besar Dengan Resolusi Tinggi

Monitor berukuran besar dengan resolusi tinggi akan bermanfaat jika kalian sering bekerja dengan cara menyandingkan beberapa jendela aplikasi secara bersamaan agar semua jendela tersebut terlihat pada saat kalian melakukan pekerjaan kalian. Monitor berukuran besar juga akan terasa bermanfaat jika kalian adalah seorang graphic designer, karena dengan begitu maka kalian bisa melihat ukuran canvas secara utuh di aplikasi grafis yang kalian gunakan tersebut tanpa harus men-scroll-nya.

sumber : /komponenkomputer.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: