Irwan-Muslim Dilantik di Garase

Besok, (Minggu, 15/8) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih Irwan Prayitno dan Muslim Kasim dilantik Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi atas nama Presiden. Pelantikan dilaksanakan dalam rapat paripurna istimewa DPRD.
“Pelantikan gubernur dan wakil gubernur secara teknis sudah siap,” kata Ketua DPRD Yultekhnil, Jumat (13/8).
“Pelantikan kali ini agak istimewa,” kata Wakil Ketua DPRD, Trinda Farhan Satria. Pelantikan berlangsung di garase gedung DPRD.
Hal itu karena aula utama gedung wakil rakyat itu mengalami kerusakan parah pascagempa tahun lalu.
Garase yang terletak di bagian belakang gedung DPRD menurut Farhan memang sudah disulap sebagai aula utama. “Seperti yang sudah-sudah, kita manfaatkan apa yang ada. Rapat paripurna istimewa akan berlangsung di garase,” ujar Farhan.
Untuk menyambut tamu yang dipastikan membludak, tenda besar sudah disiapkan di depan garase hingga halaman samping gedung dewan.
Berdasarkan data protokoler, pelantikan gubernur dan wakil gubernur periode 2010-2015 akan dihadiri ribuan undangan.
Tamu VIP mencapai 60 ditambah VVIP 180. Undangan biasa mencapai 1.500. Tamu istimewa itu di antaranya kolega gubernur dan wakil gubernur terpilih, termasuk dari Malaysia. Ada enam menteri yang menyatakan kedatangan, demikian pun ada 30-an anggota DPR-RI akan hadir.
Rapat paripurna istimewa akan dipimpin Ketua DPRD Yultekhnil. Sesuai jadwal, paripurna istimewa itu dimulai pukul 09.00 WIB.
Sibuk
Menjelang pelantikan, kesibukkan di DPRD, meningkat dari hari biasanya, terutama di area sayap kanan dan belakang gedung bercat putih itu.
Sejumlah petugas cleaning service sibuk membersihkan meja di garase mobil yang pascagempa menjadi ruang sidang utama. Meja itu untuk 55 orang (kini 54 orang) anggota DPRD.
Di luar ruang sidang, beberapa pria sibuk merapikan tabia (kain) pelaminan yang sudah dipasang di dinding. Sementara yang lainnya masih sibuk membenahi hiasan pada tenda-tenda yang terpasang persis di belakang parkiran kendaraan pimpinan dewan di sayap kanan gedung.
Garase dan pelataran parkir itu kini terlihat indah dengan kain pelaminan yang berkilau diterpa cahaya matahari yang menyelinap di sudut-sudut ruangan.
Sejak Senin (9/8) gedung tempat pelantikan, menurut Sekretaris DPRD, Nasral Anas dipercantik guna prosesi pelantikan Irwan Prayitno dan Muslim Kasim.
“Ini sudah sejak Senin kami persiapkan,” katanya menjawab Singgalang.
Untuk kedua kalinya, garasi itu akan menjadi saksi sejarah pelantikan Gubernur Sumbar. Sebelumnya, Gubernur Marlis Rahman juga dilantik di tempat yang sama menggantikan karibnya, H. Gamawan Fauzi yang ‘naik jabatan’ menjadi Mendagri. Tepatnya 7 Desember 2009.
Walau pada PP Nomor 19 Tahun 2010 tentang Tata Cara Pelaksanaan Tugas dan Kewenangan serta Kedudukan Keuangan Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di provinsi, gubernur dilantik presiden, tapi sepertinya untuk pelantikan ini masih tetap dilakukan Mendagri, Gamawan Fauzi.
“Kalau presiden tidak bisa, kan masih tetap bisa diwakilkan kepada Menteri Dalam Negeri,” sebut Ketua DPRD, Yulteknil. SK Presiden sudah diterima DPRD Sumbar. SK tersebut bernomor: 89/P/2010 tertanggal 12 Agustus 2010.
Pada prosesi pelantikan, rencananya akan dihadiri tidak hanya mantan Gubernur Sumbar seperti Harun Zain, Azwar Anas, Hasan Basri Durin, dan lainnya, tapi juga para perantau Minang. Undangan lainnya, anggota DPR-RI, DPD RI, dan para menteri yang berasal dari Minangkabau. Tak ketinggalan, para calon gubernur yang bertarung dalam Pilkada lalu.
“Rencananya akan ada sekitar dua ribu undangan yang menghadiri acara itu,” katanya.
Nasral meyakini jumlah itu masih dapat tertampung, meski hanya di garase dan parkiran gedung DPRD. Pengamanan melibatkan jajaran kepolisian dari Polda Sumbar, Satpol PP dan Dishub Sumbar.
Irwan Prayitno merupakan gubernur pertama Sumbar dari partai politik. Sebelumnya, semua gubernur orang profesional dan birokrat. Di kalangan rumah bagonjong, muncul kekhawatiran, perubahan gaya pemerintahan.
“Mudah-mudahan saja tidak,” kata sebuah sumber. PNS di sana takut terjadi, gadang lo rarau urang manjanguak dari urang kamatian.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: