Puasa Ramadhan Sebaiknya Serentak

Masyarakat Padang kini dapat melihat jadwal imsakiyah Ramadhan 1431 H, di spanduk besar di depan Masjid Taqwa Muhammadiyah Padang. Spanduk berukuran besar itu, menyatakan kalau puasa menurut perhitungan Muhammadiyah jatuh pada hari Rabu (11/8).

Itu berarti, malam Rabu atau Selasa (3/8) malam, warga sudah bisa melaksanakan shalat tarawih. Mereka yang berstatus warga Muhammadiyah, langsung paham dengan keputusan yang telah ditetapkan pimpinan mereka. Sementara yang bukan warga Muhammadiyah, mengaku akan menunggu putusan pemerintah.
“Saya menunggu dulu keputusan pemerintah, terkait penetapan 1 Ramadhan 1431 H. Saya sangat berharap, agar harinya tidak berbeda dengan Muhammadiyah,” kata Riri, salah seorang warga Air Tawar kepada Singgalang, Senin (2/8).
Dikatakannya, walau bukan warga Muhammadiyah, ia mengaku sering mengikuti jadwal puasa dari Muhammadiyah. Itu bukan karena asal ikut, tapi setelah melihat tepatnya perhitungan Muhammadiyah pada Ramadhan sebelumnya.
“Dari beberapa kali perbedaan yang terjadi antara pemerintah dengan Muhammadiyah, perhitungan pemerintah sering mengalami kesalahan. Saya tahunya setelah melihat bulan 14 hari, di mana saat itu bulan sedang dalam posisi purnama,” kata Rusdi, warga lainnya.
Sementara warga Muhammadiyah mengaku tidak ragu lagi dengan keputusan itu. Mereka juga berharap, agar pemerintah tidak membuat perbedaan pada tahun ini.
“Alangkah senangnya kalau bisa puasa bersama-sama dan lebaran pun juga sama-sama. Saya sendiri juga tidak bangga dengan adanya perbedaan antara Muhammadiyah dengan pemerintah,” kata Iwan, salah seorang warga Muhammadiyah.
Harapan Iwan dan warga non Muhammadiyah lainnya, sama-sama ingin terjadi persamaan. Oleh karena itu, pemerintah dengan Muhammadiyah hendaknya duduk bersama.Carilah jalan tengah, untuk segala keputus an yang terkait dengan umat. Ulama hendaknya bersatu pula, sehingga umatnya tidak terpecah belah.

(Singgalang)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: