Apakah Jin, Iblis, dan Setan itu sama?

Penjelasan berikut ini mengkin sebuah hal yang sudah lazim di ketahui, tapi sadarkah anda mengenai perbedaan ke tiga makhluk ini yakni jin, iblis dan setan. Banyak orang yang menganggap ke tiga makhluk itu sama. Mari kita bahas penjelasan nya lebih dalam lagi.

Mengenai makhluk halus yang ghoib ini, tidak ada sumber yang benar selain Al Quran. Salah satu nya adalah adanya surat Al Jin, surat An Nas, dll.

>> Jin adalah makhluk halus yang memiliki bentuk, tapi tidak bermateri sehingga tidak dapat diraba. Jin rata-rata berumur panjang, bisa mencapai 70.000 tahun. Bangsa jin juga makhluk yang memiliki akal pikiran. Seperti manusia, mereka juga menikah, memiliki anak, mengalami kematian, dll. Mereka pun beragama dan bermazhab-mazhab. Kebanyakan kita menganggap jin itu identik dengan setan, padahal tidaklah demikian.

>> adapun Iblis adalah sempalan dari jin yang membangkang kepada Allah SWT karena tidak mau di perintah oleh Allah SWT untuk menghormati Nabi Adam as, kemudian ia dikutuk. Seperti firman Allah SWT dalam Surat Al Baqarah ayat 34, yang artinya ” dan (ingatlah) ketika kami berfirman kepada malaikat, sujudlah kamu kepada adam, maka sujudlah mereka kecuali iblis, ia enggan dan takabur dan ia adalah termasuk golongan yang kafir” . Walaupun Iblis telah dikutuk dan menjadi kafir (padahal sebelumnya beriman dan taat) iblis masih menghadap Allah SWT dan mengajukan permohonan agar di panjangkan umurnya untuk menggoda anak cucu Adam. Kenapa Allah SWT mengabulkan permohonan iblis ini? Karena Allah SWT memperalat iblis dan manusia-manusia kafir, munafik seperti iblis digunakan untuk menguji orang-orang yang beriman. Karena hidup ini adalah ujiang keimanan. Seperti Firman Allah SWT pada surat Yasin ayat 60. Ringkasnya, dunia hanyalah tempat belajar mengenal Allah SWT untuk mengikuti ujian keimanan dan kesalehan.

>> sementara itu Setan secara harfiah adalah kata sifat yang bermental preman yang slalu membenci kebenaran dan menyukai keonaran. Jadi setan terdiri dari dua makhluk yakni dari jin dan manusia. Jin yang sifat dan prilakunya preman disebut setan jin, sedangkan manusia yang sifat dan perilakunya preman disebut setan manusia. Apakah anda, keluarga, tetangga ataupun teman anda yang sifatnya preman atau suka dengan keonaran dan menentang kebenaran berarti ia adalah setan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: